Headlines News :
Home » » Bantuan Sosial & Rehabilitasi Mental Korban Bencana

Bantuan Sosial & Rehabilitasi Mental Korban Bencana

Written By ikadisubang on 4 Jan 2012 | 1/04/2012

PP IKADI sebagai sebuah organisasi kemasyarakatan Islam yang concern dalam pelayanan dakwah mempunyai program Rehabilitasi Mental korban bencana. Program serupa telah dilaksanakan pasca gempa dan tsunami di Aceh tahun 2004-2005 dengan bekerjasama secara khusus dengan Menkokesra, gempa Jogja 2006, gempa Ciamis/Jawa Barat, gempa Padang dan daerah konflik lainnya; seperti Ambon Maluku dll. 

Sejalan dengan visi misi IKADI sebagai lembaga penebar dakwah Islam yang rahmatan lil’alamin, tidaklah berlebihan bila IKADI menjalin sinergi dengan semua pihak, khususnya dengan lembaga donor serta para donatur, kiranya berkenan bekerjasama program Ziswaf (Zakat, Infak, Shadaqah, Wakaf) sebagai implementasi program-program bantuan sosial dan kemanusiaan PP Ikadi.

Tujuan

  1. Membina mental spiritual masyarakat korban bencana dan sekitarnya khususnya yang tinggal di tempat-tempat pengungsian atau tempat-tempat yang terkena musibah.
  2. Sarana untuk merekatkan ukhuwah bagi segenap lapisan masyarakat, baik yang terkena musibah maupun yang tidak.
  3. Mengembalikan ruhani masyarakat yang terkena musibah kepada kehidupan yang lebih kondusif dan imani.

Bentuk Program

1. Pengiriman Da’i

Adalah pengiriman da’i-da’i IKADI dari luar yang akan membantu pembinaan masyarakat pasca musibah.

2. Penyediaan Sarana Dakwah

Meliputi sarana-sarana yang menunjang efektivitas dakwah, antara lain penerbitan buku saku, buletin dakwah, pembagian perlengkapan sholat, dan pembagian al Qur’an dan terjemahnya.

3. Kafalah Da’i Lokal

Kafalah adalah santunan yang diberikan kepada para da’i lokal agar mereka bisa berdakwah secara optimal, tanpa terlalu memikirkan biaya hidup keluarga.

4. Santunan Yatim-Piatu

Memberi santunan kepada anak-anak yatim piatu korban bencana yang dibina agar mereka dapat menikmati pendidikan lebih baik dan berkelanjutan.

Program Tanggap Darurat

  1. Memberikan taushiyah atau nasehat-nasehat di lokasi-lokasi yang terkena musibah; seperti tempat pengungsian, atau mendatangi rumah-rumah korban gempa.
  2. Melayani permintaan khatib Jum’at dan ceramah-ceramah umum
  3. Nasehat bagi relawan yang akan terjun membantu tanggap darurat, mengingat mereka juga perlu penguatan spirit
  4. Pembagian santunan ke wilayah-wilayah terkena musibah.


Program Rehabilitasi

Khusus program rehabilitasi mental bagi korban gempa Sumatera Barat, Ikadi meneruskan program-program yang sudah berjalan sesuai dengan dukungan dana yang ada, kemudian lebih fokus pada program; pengiriman da’i, pembagian jilbab, kerudung, kain sarung, kopiah, buku-buku pelajaran agama untuk anak-anak korban bencana.

Penutup

Kami mengajak partisipasi dari para donatur, dermawan kaum muslimin demi kejayaan Islam dan umatnya. Dana bisa disampaikan secara langsung ke kantor PP IKADI atau melalui rekening IKADI di Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Warung Buncit No.Rek : 0030090676 a/n Ikatan Da'i Indonesia
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Arsip

 
Ikadi Subang : Home | Tentang Kami | Site Map | Kontak | Donasi
Official Site : rumahgozali | Terbit sejak : Januari 2012 | Copyright © 2013. Ikadi SUBANG
Template Design by Creating Website